Jumat, 21 Januari 2022

BAGAIMANA MENURUTMU KULIAH DARING ITU?

BAGAIMANA MENURUTMU KULIAH DARING ITU?

 


Saya ingin berbagi opini sebagai siswa sma sampai menjadi mahasiswa baru yang menjalani kuliah online

 

Semasa sma akhir Saya telah menjalani kuliah online , hingga kini Saya beranjak semester 2 perkuliahan , rasanya sangat changing sekali untuk menyesuaikan diri dari kehidupan offline menuju online . mungkin untuk pertama kali mendengar sekolah di rumah sangat mengasikkan bagi semua siswa , termasuk Saya. Saya sangat senang sekali mendengar berita untuk melakukan pembelajaran dirumah. Sehari dua hari berlangsung tidak terjadi apa apa namun saya menyadari akan hal ini setelah satu bulan berlangsung. Saya sebagai siswa yang tidak melek teknologi diharuskan dan dipaksa untuk mengakses zoom , google meet dan aplikasi segalanya, saat itu saya sangat kebingungan untuk mengoperasikannya, maka tak jarang saya sering telat masuk kelas ketika pembelajaran daring , guru sering menegur bahkan memarahi , tak hanya itu saya sering lupa untuk mengisi absen melalui email entah itu google form yang dibuat oleh guru, sangat berdampak buruk apabila saya tidak melakukan absen , benar bukan ? .Kedua , saya tidak memiliki wifi dan akses internet dengan baik. Selama ini dalam pembelajaran daring saya mengandalkan kuota untuk mengakses kelas , tak jarang kendala jaringan sering ditemukan , serta kendala habisnya paket internet secara tiba tiba pun sering terjadi. Hal itu terkadang saya minimalisir untuk pergi ke warkop ataupun tempat yang memiliki akses internet dengan gratis ,namun hal itu malah memperburuk situasi , tempat yang ramai malah membuat apa yang diajarkan guru terasa sangat sia sia., belum lagi distraksi ngantuk , lapar distraksi dari adik , orang tua atau anggota keluarga lainnya. Terkadang apa yang diajarkan guru malah terasa kurang efektif , guru juga sering tidak menguasai platform yang digunakan untuk pembelajaran. Guru juga hanya sekadar membaca ppt yang diberikan lalu memberikan tugas kepada siswa hal ini malah makin membuat bosan dan terkesan sekolah hanya mengerjakan tugas saja .ketiga , rasa malas semakin tinggi apabila dirumah , hal ini saya rasakan semenjak awal pembelajaran daring saya sering menghabiskan waktu rebahan dikasur , sering juga main hp , scroll tik tok dan lain lain , padahal waktu pembelajaran offline saya sering menghabiskan waktu pergi ke perpustakaan sekolah bersama teman temanku. Namun semenjak daring ini saya tidak pernah membaca buku ataupun melakukan kegiatan produktif lainnya , susah sekali untuk melawan rasa malas. Ke empat , tidak adanya kegiatan bersosialisasi Jadi yang tidak punya teman , makin tidak punya teman , yang punya teman ya beruntung. Di sekolah biasanya kita melakukan kegiatan sosialisasi dengan sesama siswa , bermain bersama dan lainnya , namun semenjak daring hal itu minim terjadi , sehingga menurut saya dapat membentuk siswa yang cenderung individualis. Kelima , malah membuat siswa semakin santai , mengapa demikian , karena selama daring siswa mengandalkan googling dan melakukan kecurangan open book , siswa meremehkan belajar karena ia merasa buat apa belajar kalau semuanya ada di google.

 

Sekian pendapat atau opini dari saya , saya sangat menginginkan kegiatan pembelajaran luring segera direalisasikan  karena jujur saya sangat tidak betah untuk melakukan pembelajaran daring . semoga covid 19 cepat mereda sehingga kita bisa melakukan aktivitas normal kembali .

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAGAIMANA MENURUTMU KULIAH DARING ITU?

BAGAIMANA MENURUTMU KULIAH DARING ITU?   Saya ingin berbagi opini sebagai siswa sma sampai menjadi mahasiswa baru yang menjalani kuliah ...